Mengupload File sql Berukuran Besar


Saya pernah dipusingkan dengan mengupload database (file .sql) ke phpmyadmin. Ini pengalaman pertama saya mengupload file .sql hingga 318 MB.Biasanya paling hanya sekitar 5 – 30 Kb. Kali ini hingga 318 MB. Ini adalah proyek KP yang saya jalani. Membangun sistem informasi Akademika supaya cocok dengan laporan Dikti. Nah gimana caranya supaya saya bisa mengupload file .sql sebesar itu?

Pertama, saya mengubah Nilai dari upload_max_filesize, memory_limit dan post_max_size yang terdapat dalam file php.ini. sesuai dengan dokumentasi yang muncul ketika pesan error terlihat.
2.      
Setelah itu, ternyata saya masih belum juga berhasil. Ketika searching – searching, saya membuat lagi folder upload di direktori wamp/apps/phpmyadmin3.3.9. (Saya menggunakan Wamp Server, sudah bosan dengan XAMPP, hehehehe)
3.       Dari direktori tersebut, saya pindahkan file .sql yang ukurannya sebesar 318 MB ke direktori upload yang saya buat di situ.
4.       Pada folder apps/phpmyadmin3.3.9 cari file config.inc.php Edit filenya, kemudian ganti menjadi
$cfg['UploadDir'] = 'upload';
5.       Restart servicenya.
6.       Setalah direstart, klik pada databasenya yang akan diimport, kemudian klik Tab.
7.       Pada tab import, pada bagian file to import , pada combobox web server upload directory , pilih file .sql nya (Yang kita letakkan di folder upload tadi).
8.       Kemudian klik Go
9.       Ketika ditunggu, opppps...ternyata saya masih menemukan pesan error : fatal error maximum execution time 300 seconds exceeded. Lupa pesan lengkapnya seperti apa, ya, tapi seperti itu lah pesan error yang muncul.
10.   Saya cari – cari lagi, dan kemudian edit pada bagian config.default.php pada direktori : wamp/apps/phpmyadmin3.3.9/libraries. Kemudian cari bagian  $cfg['ExecTimeLimit'] , dan ubah menjadi : $cfg['ExecTimeLimit'] = 0; 0 artinya tak terhingga pada waktu eksekusi.
11.   Setelah itu restart lagi servicenya.
12.   Ulangi proses upload
13.   Upload bisa ditunggu sambil mengerjakan pekerjaan yang lain.
14.    

0 komentar:

Poskan Komentar